Sean P1 Dubai 24 H tanpa Rossi, Catatan A.R. Loebis


Sean Gelael bersama piala kemenangan di Dubai 24 H 2024. (jagonya ayam)

Sean Gelael tampil mengesankan di podium pertama (P1) pada kejuaraan ketahanan Dubai 24 Jam Sabtu hingga Minggu (27-28 Januari 24) bersama tim dan rekan barunya, sementara pada kejuaraan sama 2023 ia bersama legenda balap Valentino Rossi berada di podium ketiga (P3).

Laga ketahanan paling bergengsi di Timur Tengah ini merupakan seri Hankook 24 Jam, yang juga diadakan di Abu Dhabi, Mugello, Spa Franchorchamps, Monza, Barselona dan Kuwait.

Kejuaraan ini diadakan sejak 2006 dan mulai 2015 diberi format 24 H Dubai – dengan sanksi FIA sebagai gelaran internasional dan kelas utama yang dilombakan adalah GT3.

Pada kejuaraan 2023, Sean dan Rossi yang ketika itu bernaung dalam tim WRT dengan mobil BMW nomor 46, mereka juga didukung pebalap Maxime Martin (Belgia), Max Hesse (Jerman) dan Tim Whale (Inggris).

Sedangkan pada 2024 dengan dukungan tim Century Motorsport dengan mobil BMW M4 GT3 nomor 14, Sean didampingi Michael Johnston (Skotlandia) dan Darren Leung (Inggris).

Century Motorsport yang bermarkas di Inggris memiliki reputasi tinggi di dunia balap dan sudah berkiprah sekitar 27 tahun di kancah balapan internasional dan memenangi berbagai kejuaraan.

Tim yang khusus berlaga di kelas turing dan GT ini berkiprah dalam kejuaraan GT4 SuperCup Am & Pro Class, Ginetta GT4 SuperCup Drivers Am & Pro Class, Dubai 24H Class winners.

Nah, pada kejuaraan ketahanan Dubai 24 Jam 2023, Sean yang tampil bersama Valentino Rossi, menggenjot BMW M4 GT3 finis di urutan ketiga pada laga yang diikuti ratusan peserta, di mana untuk kelas GT3 saja diikuti 23 mobil, di antara tim lainnya sepertyi tim Mercedes, Porsche, Audi, Ferrari, McLaren, Vortex dan KTM dan BMW.  Para peserta dibagi atas pebalap pro, semi-pro dan amatir. Sean dan Rossi termasuk pebalap kategori semi-pro (AMPro).

Laga ini amat fantastis, karena khusus untuk jenis GT3 saja diikuti 23 mobil. Selain BMW hadir juga tim Mercedes, Porsche, Audi, Ferrari, McLaren, Vortex dan KTM. Para peserta dibagi atas pebalap pro, semi-pro dan amatir. Sean dan Rossi termasuk pebalap kategori semi-pro.

Melalui lomba Dubai 24 Jam 2023, Sean berkesempatan mengendarai mobil GT3 untuk pertama kali dan didukung langsung oleh tim fabrik BMW, sedangkan bagi Valentino Rossi, keberhasilan itu merupakan podium pertama di laga roda empat.

“Ini laga hebat, merupakan pencapaian yang akan selalu dikenang,” tutur sang ayah, Ricardo Gelael, ketika itu, dengan nada gembira karena finis P3 itu terjadi pada 14 Januari 2023, sehari sebelumnya hari lahir sang ayah – sehingga pencapaian Sean saat itu tentu merupakan kado istimewa yang menjadi kenangan.

Sean Gelael mengendarai BMW M4 di kelas GT3 ProAm kejuaraan Dubai 24 Jam 2024 akhir minggu lalu. (jagonya ayam)

Pada kejuaraan Dubau 24 Jam 2024, dengan fantastis Sean bersama timnya menyelesaikan laga di urutan pertama di kelasnya sehingga naik ke tangga P1 penyerahan piala kemenangan.

Sean dan Century 14 menang di kelas GT3 AM dan finis di P5 secara keseluruhan. Tim Sainteloc 26 di posisi dua, di mana tim HAAS RT 21 melengkapi podium kelas GT3 AM.

Apa komentar Sean Gelael?

“Balapan yang luar biasa yang dilakukan oleh tim. Mereka semua tampil bagus, tak membuat kesalahan berarti dan akhirnya kami bisa menang. Terima kasih untuk tim dan rekan-rekan. Selalu menyenangkan memang setiap kali menang balapan,” ujar Sean.

Sedangkan Ricardo Gelael berujar: “Semoga ini menjadi awal baik untuk tahun 2024 bagi Sean. Dan semoga ia dapat meneruskan karirnya dalam dunia balap yang selama ini sudah menjadi gairah hidupnya.”

Dalam adu cepat ketahanan mobil Dubai 24H itu, Sean menunjukkan kepiawaiannya sebagai pebalap profesional. Ia mampu menempati urutan pertama bersama rekan dan tim baru, dengan tidak didampingi Rossi yang minggu lalu di Italia sibuk dengan peluncuran tim MotoGPnya yang baru, Pertamina Enduro VR 46 Racing Team.

Sean pun melanjutkan kiprahnya membalap pada awal 2024 ini dan kali ini masih tetap di Dubai Autodrome untuk mengikuti kejuaraan Asian Le Mans 4 H yang berlangsung pada 2-4 Februari 2024.

Di ajang laga Asian Le Mans nanti, Sean bergabung dengan tim Projeck 1 yang bermarkas di Jerman, dengan menggenjot BMW  nomor pintu 56, bekerja sama dengan rekan setim  Huilin dari China dan  Maxime Oosten dari Belanda.

Sean Gelael bersemangat dan antusias melewati balapan pertamanya pada 2024 ini dan ketika usai berlaga pada Asian Le Mans seri pertama Desember lalu ia mengatakan, “akhir pekan yang aksi. Paling tidak jam terbang saya mengendarai mobil GT bertambah.” 

Ya..jam terbang bagi seorang atlet merupakan hal paling utama, karena jam terbang merupakan proses dalam menggali pengalaman, baik secara teknis mau pun non-teknis. (arl)

share :
Berita Dilihat Sebanyak 122 kali
Berita Lainnya

Foto
GT3 AM
27/01/2024
» 24H Dubai 2024
- Dubai Autodrome