Prologue Selesai, WEC 2024 Dibuka dengan Balapan 10 Jam di Qatar



SEANGP.com
(Jakarta) - Team WRT 31 dengan crew baru sudah menyelesaikan sesi tes pramusim, Prologue, FIA World Endurace Championship (WEC) di Lusail, Qatar, Selasa (27/2). Sean Gelael, Augusto Farfus (Brasil), dan Darren Leung (Inggris) menyelesaikan tugas berbeda selama Prologue, dan itu adalah kali pertama mereka berpartner sebagai rekan setim (crew).

Team WRT 31 tampil di kelas LMGT3 (GT3) dalam FIA WEC 2024 ini. Menjadi tugas teramat berat bagi mereka karena pesaingnya adalah tim dan pabrikan yang sudah lebih lama bertarung dengan mobil GT. Ada 18 tim di kelas GT3, di mana mereka yang menggeber Ferrari, Aston Martin, Corvette, McLaren, dan Mercedes akan menjadi unggulan.

Sesi Prologue sempat beberapa kali mengalami perubahan jadwal karena kondisi geopolitik di sana, yang berimbas pada keterlambatan pengiriman kargo semua tim. Pada akhirnya sesi itu dapat terlaksana dengan baik dengan pemilihan jadwal yang fleksibel hasil kesepakatan bersama.

Bagi WRT 31, hasil Prologue memperlihatkan bahwa dengan mengandalkan mobil BMW M4 GT3 mereka mampu bersaing. Farfus sebagai pemegang kategori tertinggi di WRT 31, Platinum, berulangkali melakukan simulasi kualifikasi. Sementara itu Sean (Silver) mantap menjalani simulasi lomba. Darren (Bronze) fokus pada mencari konsistensi waktu dari setiap sesi berbeda, penggunaan ban, dan suhu.

Hasil terbaik dari tiga sesi Prologue bagi WRT 31 adalah P7, yang mereka buat pada Sesi 4 atau terakhir dengan catatan waktu 1:55.449 yang dibuat Farfus. WRT 31 terpaut 0,7 detik dari tim DStation Racing 777 yang menggeber Aston Martin.

"Tentu apa pun hasilnya kami patut mensyukuri karena Prologue bisa terlaksana dengan baik. Rasanya saya dan tim selalu senang menyambut musim baru FIA WEC. Senyum saya lebih lebar tahun ini," ujar Sean.

Putaran pertama FIA WEC akan berbeda. Judulnya, Qatar 1812 KM, diambil dari Hari Unifikasi negeri tersebut yang terlaksana setiap tanggal 18 Desember. Durasi lomba sendiri berlangsung dalam 10 Jam atau setara sekitar 1.812 km. Durasi 10 jam ini adalah hal baru, di mana sebelumnya ada 6, 8, dan 24 jam.

GT3 pun merupakan kelas anyar di FIA WEC, menemani kelas utama Hypercar. Kelas LMP2 dihapus dan hanya akan dilombakan pada 24 Hours of Le Mans. Karena alokasi garasi terbatas, 37 buah, kelas Hypercar terdiri dari 19 mobil dan GT3 18 mobil. 

Sementara itu race Qatar 1812 Km bisa disaksikan langsung di kanal youtube KUY Entertainment dan www.sean-gelael.com pada hari Sabtu (2/3) dengan start pukul 15.00 WIB. (arl/wto)

share :
Berita Dilihat Sebanyak 164 kali
Berita Lainnya

Foto
GT3 AM
27/01/2024
» 24H Dubai 2024
- Dubai Autodrome