Kelanjutan Laga FIA WEC 2024 Semakin Seru!


Laga FIA WEC 2024 semakin seru. (fiawec)

SEANGP.com (Jakarta) - Musim laga FIA WEC 2024: Masih jauh dari akhir! – alias semakin seru – demikian judul artikel di laman fiawec 2024 Juni ini.

Perlombaan sebelumnya, Spa Francorchamps dan Le Mans 24 Jam yang baru berlangsung, merupakan rekor pengunjung, juga Imola 6 Jam yang berlangung April disaksikan 73,600 penggemar lomba itu.

Lomba di Spa tahun ini merupakan rekor baru penonton FIA WEC (di luar Le Mans), disaksikan sektar 88.180 penonton, meningkat dari 72.000 pada 2023.

Hanya Le Mans yang bisa menyaingi Spa, ketika minggu lalu disaksikan 329,000 penonton, meningkat dari 325. 000 pada 2023).

Dari sudut perlombaan, WEC mengesankan karena diikuti mobil dari 14 fabrik yang berlaga pada kelas Hypercar dan LMGT3. Tidak bisa dipungkiri, melonjaknya penggemar laga ini, tidak lepas dari adanya beberapa bintang balap yang mengikutinya, di antaranya juara dunia MotoGP Valentino Rossi dan mantan pebalap juara F1 Jenson Button.

Di kelas Hypercr, ada empat juara yang bersaing pada 2024, sehingga perlombaan ketahanan ini semakin menunjukkan kelasnya.

Pada putaran pertama di Qatar, Porsche Penske Motorsport dan tim yang sedang bersaing keras Porsche 963 tampil di urutan atas. Toyota Gazoo Racing menyusul diikuti juara 2023 Toyota GR010 Hybrid Hypercar – yang menang pada putaran kedua di Imola.

Hertz Team JOTA dan tim privat Porsche 963 menyusul setelah tim tadi dan pebalap yang bermarkas di Inggris itu termasuk di antara kendaraan yang mendapat kibaran bendera di Spa, Mei. Baru-baru ini, giliran mobil Ferrari AF Corse yang tampil sebagai juara setelah Ferrari 499P Hypercar sekali lagi membuktikan bahwa mereka adalah tim kuat yang harus ditundukkan tahun ini di balapan legendaris Le Mans 24 Jam.

Sekarang, persaingan laga 2024 semakin ketat dibanding sebelumnya, karena di papan atas hanya 12 poin pautan klasemen sementara dari tiga tim fabrik yang berlaga di kelas Hypercar.

Dengan total 108 poin, Porsche berada di urutan teratas, namun mereka harus siap siaga karena selisihnya amat dekat dengan Ferrari yang berada di tangga kedua dengan simpanan 96 poin. Perlu diingat, masih ada lebih dari 100 poin yang tersedia dari sisa perlombaan yang akan berlangsung di Brazil, AS, Jepang dan Bahrain – jadi persaingan lomba 2024 ini masih amat seru dan menarik untuk diamati.

Keseruan LMGT3

Di kelas baru lMGT3 tak kalah serunya, karena ada tiga tim yang bersaing ketat di urutan atas dengan beda hanya tiga poin!.

Manthey PureRXcing dan Manthey EMA keduanya berada di urutan teratas dengan simpanan sama=sama 75 poin sedangkan juara putaran kedua Team WRT, mengantungi 73 poin. Tim WRT ini diwakili WRT 31 yang diperkuat Sean Gelael, pebalap handal Indonesia.

Sean Gelael bersama WRT 31 baru saja menempatkan diri di urutan kedua laga Le Mans 24 Jam di Paris, Minggu lalu. (jagonya ayam)

Tim lain yang bersaing di kelas ini dari fabrik Aston Martin, BMW, Corvette, Ferrari, Lamborghini, Lexus, McLaren dan Porsche terus mengintai mereka, sebagai tim masa depan di kelas GT3 pada laga WEC.

Dalam kurun kurang dari sebulan lagi, laga WEC akan berlangsung di Amerika Selatan, untuk pertama kali dalam lebih dari satu decade ini, dengan tajuk Rolex 6 Hours of Sao Paulo, di Brazil pada 13-14 Juli.

Apakah akan ada tim berbeda yang kelima yang akan menang di kelas Hypercar dan apakah yang akan terjadi di kelas LMGT3? 

Kita akan mengetahuinya tak lama lagi! (fiawec / ar-Loebis)

share :
Berita Dilihat Sebanyak 150 kali
Berita Lainnya

Foto
Fia WEC
15/06/2024
» 24 Hours of Le Mans 2024
- Prancis