SEAN DAN ANTONIO RESMI PERKUAT TIM DOUBLE R

Juara bertahan  Formula Pilota China Antonio Giovinazzi dan rekannya juara kedua kategori Asia Sean Gelael akan bertarung dalam perlombaan “Cooper Tires British Formula 3 International Series” pada 2013, setelah tercapai kesepahaman antara pihak pebalap dan petinggi Double R Racing Team belum lama ini.

Pebalap nasional berusia 16 tahun Sean Gelael dan Antonio Giovinazzi dari Italia, - merayakan ulang tahun ke-19 Desember lalu - , masing-masing akan mengendarai  Dallara F312 diperkuat mesin Mercedes. Kedua pebalap yang berasal dari tim Sean GP, naik kelas untuk berlaga di ajang lomba paling kompetitif  F3, kendati baru setahun mencicipi perlombaan Formula Pilota. 

“Rasanya amat fantastik bagi kami  mendapatkan dua pebalap pada lomba 2013. Kami amat gembira mendapatkan Sean dan Antonio di dalam kokpit mobil kami. Kami akan bekerja sama sepanjang musim dingin sampai memulai perlombaan musim ini,” kata Tim Prinsipal  Anthony ‘Boyo’ Hieatt. 

“Saya terbang ke Malaysia beberapa kali untuk menyaksikan aksi kedua pebalap itu dan mereka amat mengesankan,” urai Boyo. 

“Mereka amat cepat, amat berbakat dan akan membuat aksi sensasional pada musim pertama mereka dalam kendaraan kami tahun ini. Penampilan Sean – dalam usianya yang masih amat muda, kelihatan mengatasi pengalamannya sedangkan hasil yang ditoreh Antonio menunjukkan kelas permainnya. Kedua pebalap itu lulusan balap karting dan ketika latihan bersama kami di  Pembrey di atas mobil F3, mereka menunjukkan bakat besar yang amat menjanjikan,” katanya. 

Lahir di Jakarta, Sean  Gelael kini merupakan bintang berbakat dalam olahraga otomotif Asia dan ia menunjukkan hal itu dalam penampilannya pada kejuaraan Formula Pilota. Ia menempati urutan kedua overall  ‘Best Asian Driver Trophy’, dan ia secara brilian memastikan hal itu dalam perlombaan final di  Sepang International Circuit di Malaysia.

Sean Gelael  juga pernah berlomba dalam ajang Formula Abarth Championship 2012 di Monza, Italia, dan menunjukkan permainan menjanjikan, menempati urutan ketujuh dan melakukan hatrik pada urutan 10 besar. 

Pebalap muda itu mengawali debut balap pada kejuaraan karting 2008 di kelas  Rotax Sr dan dua tahun kemudian  ia tampil sebagai juara Senior Formula 125 Asian Karting Open Championship. Musim berikutnya, Sean urutan ketiga pada  Asian Karting Open sebelum beralih ke perlombaan mobil. 

Sedangkan Antonio memenangi beberapa kejuaraan dan sudah berkali-kali naik podium sebelum meraih  gelar juara Formula Pilota tahun lalu (2012), unggul  50 poin atas pebalap berpengalaman dari Inggris, Dan Wells.

Seperti halnya rekan setimnya Sean, pebalap Italia itu juga ikut pada p erlombaan Formula Abarth di Monza pada September  lalu dan ia memenangi dua dari tiga lomba, yang terakhir di lintasan lincin karena hujan. 

Karirnya di olahraga bermotor diawali pada lomba karting 2006 ketika ia memenangi Piala Nasional Italia 60cc serta Euro Trophy sebelum naik ringkat ke jenjang KF3, dan ia juara kedua pada perlombaan merebutkan Piala Torneo Industrie and Copa Campeones pada 2008.

Beada di urutan ketiga pada kelas KF2 di perlombaan Trofeo Andrea Margutti  2009, Antonio Giovinazzi selalu tampil konsisten dalam perlombaan level eropa dan dunia selama dua tahun, dan berada di urutan kedua perlombaan Bridgestone Cup 2011 dan ketiga pada CIK-FIA World Cup.

Oulton Park di Cheshire akan menjadi  tuan rumah pertandingan F3 Inggris musim 2013. 

Dibangun pada 2004

Anthony ‘Boyo’ Hieatt, Kimi Räikkönen serta manajer dari Finlandia Steve Robertson, membangun Räikkönen Robertson Racing team in pada akhir 2004 untuk berlaga dalam British Formula 3 International Series pada tahun berikutnya. 

Bermarkas di Woking, Surrey, tim ini berkembang cepat dan menjadi pesaing utama pada perlombaan F3 British dan pebalap Inggris Dan Clarke tampil sebagai juara pertama dari tim itu. 

Beralih dari mesin Mugen-Hondake  Mercedes HWA pada musim 2006, tim ini berkembang dengan menurunkan tiga kendaraan.  Pada musim kedua di laga F3 British, Räikkönen Robertson tampil sebagai juara bersama Mike Conway, yang memenangi 14 lomba dan ia menang pula pada lomba Grand Prix F3 2006 di Makau –sukses pertama Inggris di tempat itu sejak 1999. Hieatt merupakan pemegang saham terbesar di  Double R Racing mulai 2011 dan setuju menggunakan pasokan mesin baru Mercedes. (doublerracing/ARL). 

 

Berita Dilihat Sebanyak 773 kali
Berita Lainnya

Foto
F3
23/03/2013
» FIA Formula 3 European Championship
- Monza