RICARDO GELAEL JUARA KELAS LEGEND KART PRIX 2012

Ricardo Gelael tampil sebagai juara kelas Legend (veteran) Kejuaraan Indonesia Kart Prix 2012 sedangkan Ketua Umum PP IMI yang baru Nanan Soekarna berada di urutan ke-16 dari 18 peserta yang mengikuti kelas itu pada laga di Sirkuit Sentul, Jawa Barat, Minggu. 

Kejuaraan karting berskala internasional diikuti ratusan peserta dari berbagai negara itu memperlombakan kelas Mini  ROK, Rotax Jr, KF-2 dan Legend, berlangsung Sabtu dan Minggu  disaksikan ribuan penonton kendati hujan sempat mengguyur sirkuit dalam dua hari itu. 

Kelas Legend diikuti 18 pebalap, di antaranya Adiguna Sutowo, Chepot Hanniwiano, Alex Asmasoebrata, Iwan Semut Ireng termasuk Nanan Soekarna yang juga Wakapolri dan baru pertama naik gokart.  Beng Soeswanto, Hendara Angkasa dan Hutomo MP batal mengikuti perlombaan itu.

Setelah melaju dalam tujuh putaran, Ricardo Gelael yang tetap berada di urutan pertama sejak bendera start dikibarkan, menoreh waktu tujuh menit 26,436 detik disusul Amir Mahfud, Husni Tjonadi, Ocon dan lainnya sementara Alex Asmasoebrata di urutan ke-15, setingkat di atas Nanan.

“Saya takjub dapat mengikuti perlombaan ini. Saya sempat disenggol pebalap lain, kalo gak salah sampai tiga kali. Saya jadi merasakan betapa susahnya balapan itu,” kata Nanan didampingi beberapa pengurus PP IMI yang baru terpilih.

Ricardo menyatakan perlombaan kelas Legend itu diikuti para  pebalap veteran yang dulu sempat berjaya di  era mereka pada tahun 70-80-an. “Ketrampilan mereka masih terlihat. Saya tancap gas saja dan akhirnya tetap berada di depan,” kata Ricardo yang berada di posisi terdepan berdampingan dengan Nanan di posisi gerak awal (start). 

“Kita hanya meramaikan lomba dan memberi semangat serta motivasi pada pebalap muda,” kata Ricardo, juga nasional reli mobil 2006, yang bakatnya menurun kepada puteranya, Sean Gelael, yang sudah merambah kompetisi karting Eropa dalam beberapa musim ini. 

“Perlombaan ini diadakan sebagai pembibitan. Kita berhasil memboyong atlet Eropa ke sini dan ini sudah merupakan hal yang bagus. Kita berusaha menggali bibit dan untuk itu harus selalu ada kompetisi. Kompetisi membutuhkan sirkuit bagus dan di sini kelak akan kita usahakan ada kejuaraan internasional berkelanjutan,” kata Ricardo.

Sedangkan Nanan menambahkan, ia bertekad mewujudkan impian para tokoh otomotif serta masyarakat Indonesia, agar suatu saat kelak kejuaraan Formula Satu (F1) diadakan di Tanah Air.

“Langkah menuju itu kita mulai dari sini, karena kita butuh waktu dan dukungan dari berbagai pihak terutama dari unsur pemerintah,” kata Nanan mengomentari perlombaan yang dibuka resmi oleh Menpora Andi Mallarangeng itu.

Pada perlombaan kelas KF2 yang berlangsung dalam lima race sejak Sabtu, tampil sebagai pemenang Antonio Giovinazzi dari Italia yang bergabung dalam Tim KFC SeanGP, disusul Nicolaj M Madsen dari Denmark dan Sami Luka dari Belgia. Sedangkan Sean Gelael yang mengalami masalah dengan kendaaraannya, berada di urutan ke-16.

Di kelas Rotax Junior, tampil sebagai juara Julio Prost (Indonesia) disusul Arjun Maini (India) dan Alessio Lorandi (Italia) dan di kelas Mini ROK juaranya berurutan adalah Leonardo Lorandi dari Italia, Mohamad Harits (Indonesia) dan Presley Martono (Indonesia). (arl)

share :
Berita Dilihat Sebanyak 1514 kali
Berita Lainnya

Foto
Formula Renault 3.5
18/01/2015
» Live Interview Sean Gelael ; Tom Dillmann & Antonio Giovinazzi
- FX Senayan