PERTARUNGAN KETAT DI GUANGDONG, SEAN KEDUA

GUANGDONG - Putaran ke-12 Kejuaraan Formula Pilota yang berlangsung di Sirkuit Internasional Guangdong, Cina, berlangsung ketat pada 16 September 2012 dan tim dari Eurasia Motorsport mendominasi podium pada perlombaan 18 putaran itu. 

Parth Ghorpade yang menggunakan kendaraan nomor dua, membukukan total waktu  22:28.667, dan juga membuat waktu terbaik (best lap)  (1:14.318), disusul Antonio Giovinazzi dengan nomor kendaraan 99 di urutan kedua  (22:33.953), sedangkan Sean Gelael dengan nomor kendaraan  7 mengakhiri lomba menegangkan itu di urutan ketiga dengan total waktu 22:34.375.

Perlombaan berlangsung Minggu pada pukul 10:17 waktu setempat.  Ghorpade mengawali lomba dengan bagus dan memimpin hingga T1, disusul dua rekan setimnya Sean Galeal dan Giovinazzi. Ghorpade membuat jarak dalam usaha meraih posisi puncak overall. Pada putaran terakhir, Sean yang semula berada di urutan kedua mengalami masalah transmisi dan posisinya diambil alih Giovinazzi dari Italia. Akhirnya, Giovinazzi finis di urutan kedua,  disususul Sean di urutan ketiga sehingga ia berada di urutan ketiga overall dan urutan kedua klas Asia. Dan Wells dari Inggris berada di urutan keempat sedangkan Ren Nagabuchi dari Jepang urutan kelima overall dan ketiga Asia.

Setelah perlombaan di Guangdong, rekan setim Sean sejak mengikuti kejuaraan karting Eropa, Giovinazzi, berusaha memperpanjang posisinya di puncak klasemen setelah mengumpulkan (138 poin), Dan Wells mengoleksi 118 poin dan berada di urutan kedua, Ghorpade urutan ketiga  (110 poin). Di kelas Asia, Ghorpade mengambil alih posisi Sean dengan tabungan 135 poin sedangkan putera Ricardo Gelael, Sean yang berusia 15 tahun, di urutan kedua dengan simpanan 131 poin disusul  Nagabuchi diurutan ketiga  (116 points).

Formula Pilota China selanjutnya akan berlangsung di Sirkuit Internasional Sepang pada 4 November dan 8 Desember 2012. Perlombaan berikutnya dipastikan berlangsung ketat karena tipisnya perbedaan poin pada pebalap.  

Pada putaran ke-10 yang berlangsung sebelumnya, Parth Ghorpade menang dengan total waktu 22:39.872 disusul Ren Nagabuchi dan pebalap Cina  Zou Sirui, yang mendapatkan piala pertamanya pada musim ini. 

Pada perlombaan itu, Sean Gelael bersentuhan dengan Zou tapi keduanya dengan sigap tetap bertahan di lintasan.  Antonio Giovinazzi mengawali lomba dengan baik disusul Dan Wells. Pada T10,  Dan Wells mencoba menyusul tapi Sean Gelael datang mencoba menyalib  Giovinazzi, sehingga Giovinazzi dengan cepat menggeser Wells ke tepi lintasan. Insiden ini membuat Wells kehilangan waktu tapi masih meneruskan lomba. Giovinazzi berusaha meneruskan balapan dengan radiator pecah sementara Ghorpade berada di depan disusul Ren Nagabuchi.

Pada putaran 11, Ren Nagabuchi tampil sebagai juara dengan total waktu 13:52.963 disusul Zou Sirui dengan waktu 14:00.469 dan Raj Bharath di urutan ketiga. 

Pada putaran terakhir perlombaan itu, Sean Gelael dan Giovinazzi mengalami masalah kendati tidak sampai bersenggolan, sehingga akhir lomba urutan kedua dan ketiga jatuh pada Zou dan Bharath.

“Perlombaan di Guangdong amat ketat. Beberapa kali terjadi insiden. Sean beberapa kali berada di urutan depan tapi ia mengalami masalah sehingga posisinya mundur. Ia berada pada urutan keempat pada dua race sebelumnya dan pada urutan kedua race terakhir,” kata Ricardo Gelael.

Ricardo menilai, perlombaan lanjutan Formula Pilota di Sepang akan semakin seru karena poin para pebalap bertaut amat tipis. “Posisi Ghorpade dan Sean di kelas Asia terpaut hanya empat poin,” kata Ricardo, juara reli mobil nasional 2006. (Formula Pilota/arl).  

Berita Dilihat Sebanyak 1089 kali
Berita Lainnya

Foto
Formula Renault 3.5
24/05/2015
» Formula Renault World Series
- Monaco