Pemulihan Tubuh Bagi Atlet Setelah Berlaga Satu Musim


SEANGP.com (Jakarta) - Setelah menjalani pertandingan sepanjang musim, kondisi fisik seorang atlet tak seprima sebelumnya. Bayangkan saja fisik dan pikiran mereka terkuras banyak demi menjalani sebuah kompetisi dalam beberapa waktu.

Inilah saatnya untuk pemulihan dan mengisi tenaga kembali usai pertandingan sepanjang musim ini. Pemulihan sangat penting bagi seorang atlet karena bisa membantu meningkatkan performa.
Berikut ini, beberapa cara pemulihan yang baik bagi seorang atlet.

1. Nutrisi
Otot yang lelah membutuhkan makanan dan minuman kaya protein untuk kembali membangun tenaga. Pastikan untuk menyediakan telur, susu, keju, ikan, daging, kacang-kacangan dan biji-bijian dalam makanan sehari-hari. Selain itu konsumsi lah buah-buahan, sayuran, biji-bijian, air putih, teh hitam maupun hijau tanpa kafein. Jenis makanan ini adalah makanan anti inflamasi alami dan minuman untuk mengurangi nyeri sendi serta otot. Bahkan menguatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga dapat terhindar dari flu.

Konsumsi lima sampai enam makanan dengan porsi kecil setiap hari (makan setiap dua atau tiga jam) yang terdiri atas protein dan karbohidrat. Perbanyak juga minum air putih agar nutrisi makanan terserap dengan baik ke dalam otot untuk mendapatkan energi saat pemulihan.

2. Peregangan
Peregangan otot atas dan bawah tubuh setiap hari dapat meningkatkan fleksibilitas, mengurangi kekakuan dan meredakan tekanan mental dari tuntutan pekerja olahraga. Lakukan stretching sekitar 10 sampai 15 detik masing-masing gerakan dan bernafas lah untuk meningkatkan relaksasi dan lakukan setiap hari sekitar 5-10 menit.

3. Terapi Pijat 
Seperti saat stretching (peregangan), pijat adalah peredam stres yang baik. Sebab terapis akan menghilangkan otot yang tegang, sendi yang pegal dan menghindari sakit otot kronis. Tak harus dengan terapis, Anda juga bisa menggunakan bola tenis yang ditempatkan pada sumber yang sakit. Kemudian tekan lah dengan melawan arah yang sakit untuk meredamkannya.

4. Hidroterapi
Bukan hanya minuman energi saja yang akan membantu memulihkan tubuh, begitu juga dengan mandi air dingin yang bisa menyegarkan serta membantu mengurangi nyeri sendi dan otot. Mandi air hangat dapat merilekskan tubuh, menenangkan sendi yang sakit, serta mengurangi tekanan mental. Mandi air hangat adalah obat yang baik untuk kaki yang lelah karena berlari, atau kegiatan lain.

5. Tidur
Tidur yang nyenyak adalah suatu keharusan jika Anda sedang melakukan pemulihan. Coba tidur secara teratur, paling tidak tujuh sampai sembilan jam sehari. Selain bisa membantu pemulihan, tidur teratur juga membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. (sean-gelael.com/wto)

Berita Dilihat Sebanyak 50 kali
Berita Lainnya

Foto
F3
12/10/2013
» FIA European F3 Championship
- Vallelunga