Jogging, Olahraga Mudah dengan Manfaat Besar


SEANGP.com (Jakarta) - Jogging merupakan salah satu olahraga yang mudah dilakukan dan juga murah. Anda pun bisa melakukannya di mana saja dan kapan saja. 

Bagi Anda yang gemar sekali berolahraga yang satu ini, pasti sudah merasakan banyak manfaat. Sebab selain bisa mengontrol berat badan, jogging juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker. Berikut ini, manfaat lebih dari jogging.

1. Mengontrol berat badan
Harvard Medical School mengatakan bahwa melakukan jogging dengan interval 30 menit dapat membakar 180 kalori. Sebagai perbandingan, berlari pada 5 mph (mil per hour) akan membakar 240 kalori. Hal ini tentu saja akan membantu Anda menurunkan berat badan.

2. Tulang lebih kuat
Jogging adalah aktivitas menahan beban yang membantu meningkatkan kepadatan tulang dan kekuatan. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh National Health and Nutrition Examination Survey menemukan bahwa pria yang berlari memiliki tulang yang lebih kuat daripada mereka yang fisiknya tidak aktif. 

3. Meningkatkan kesehatan kardiovaskular
Jogging membantu Anda mengendalikan tekanan darah, kadar gula darah serta kolesterol. Hal ini juga bisa membantu menurunkan risiko pentakit jantung juga stroke. Menurut American Council on Exercise, pelari cenderung tidak merokok, sehingga terhindar dari penyakit berbahaya lainnya. Selain itu, jogging juga bisa meningkatkan mood, mengurangi perasaan depresi, stres dan cemas.

4. Mencegah peradangan sendi
Arthritis Foundation menyebutkan bahwa jogging sebenarnya bermanfaat bagi penderita rheumatoid arthritis. Sebab olahraga ini dapat meningkatkan kekuatan, kesejahteraan mental dan kemampuan untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Dengan rutin berjogging, juga akan membuat Anda menangkal osteoarthritis dan osteoporosis, karena membantu Anda mengontrol berat badan juga memperkuat tulang, otot di sekitar sendi. Seseorang dengan radang sendi harus berkonsultasi dengan dokter sebelum melakukan aktivitas fisik untuk menghindari persendian yang bengkak atau menyakitkan. (sean-gelael.com/arl)

Berita Dilihat Sebanyak 98 kali
Berita Lainnya

Foto
Formula Renault 3.5
06/03/2015
» Tes Di Jerez
- Sirkuit Jerez Spanyol