Harapan Podium Pada Balapan Sprint Terbuka Lebar


SEANGP.com
(Silverstone) - Tim Pertamina Prema Theodore Racing menjalani balapan Feature Race yang sulit di Sirkuit Silverstone, Inggris, Sabtu (7/7). Namun, tim yang didukung Jagonya Ayam KFC Indonesia ini
memiliki peluang besar untuk meraih podium pada balapan Sprint yang akan berlangsung hari Minggu (8/7).
 
Nyck De Vries yang menjadi salah satu andalan tim mendapatkan posisi ideal dengan memulai balapan dari barisan depan di posisi kedua. De Vries berhak menempati start posisi kedua setelah pada balapan Feature mampu finis di posisi ketujuh. Sesuai regulasi balap F2, pebalap yang menempati posisi finis delapan besar posisi startnya akan dibalik.
 
“Mudah-mudahan kami bisa mendapatkan podium di balapan Sprint setelah berjuang keras di balapan Feature. Balapan memang tidak mudah karena kami memulai dari barisan tengah, sedangkan jalannya lomba dimulai dengan panduan mobil pengaman. Situasi membuat sulit pebalap di depan karena kita bergerak beriringan dan semua memakai DRS,” kata De Vries.
 
De Vries yang memulai balapan dari posisi ke-11, menuntaskan balapan di posisi ketujuh. Hasil ini memberi sumbangan enam poin. Pebalap asal Belanda ini mampu naik empat posisi dengan strategi pit stop yang cukup baik. De Vries bahkan punya peluang masuk lima besar andai performa mobilnya lebih kompetitif.
 
Nasib De Vries jauh lebih baik dibanding rekan setimnya Sean Gelael. Sean yang start dari posisi ke-18 sempat naik dua posisi sebelum berhenti dari balapan pada putaran ke-21. Mobilnya melintir setelah bersenggolan dengan pebalap Carlin, Lando Norris. Pada balapan Sprint, Sean akan memulai balapan dari posisi 19.
 
Salah satu penyebab Sean tampil kurang kompetitif adalah hilangnya kecepatan mobil di lintasan lurus, meskipun DRS telah diaktifkan. Begitupun di tikungan cepat. Hal ini berulang kali disampaikan Sean melalui radio saat balapan berlangsung.
 
Pebalap BWT Arden Maximilian Gunther yang finis kedelapan pada balapan Feature akan start dari posisi terdepan. Sementara Alexander Albon yang tampil sebagai juara pada balapan Feature akan start dari posisi kedelapan.
 
Pebalap ART Grand Prix, Geoger Russel yang finis kedua pada balapan Fetaure akan start dari posisi ketujuh, sedangkan Antonio Fuoco dari tim Charouz Racing System yang meraih podium tiga pada balapan Feature akan memulai balapan dari posisi keenam.
 
Sama halnya dengan balapan Feature, balapan sprint juga akan dimulai dengan panduan mobil pengaman. Kebijakan start dengan mobil pengaman ini diterapkan dengan pertimbangan masih banyaknya pebalap yang stall saat start. (arl/wto)
Berita Dilihat Sebanyak 110 kali
Berita Lainnya

Foto
F3
25/05/2013
» Formula 3 Inggris
- Silverstone Grand Prix