7 Makanan untuk Menjaga Kesehatan Tubuh


SEANGP.com (Jakarta) - Setiap atlet dituntut untuk harus fit setiap saat. Tak peduli apakah sedang musim dingin atau musim panas yang dapat mempengaruhi kondisi tubuh. Apapun yang terjadi, pertandingan bakal berjalan terus.

Salah satu faktor yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh dalam menghadapi kondisi cuaca ekstrem adalah pilihan makanan yang tepat. Berikut ini, beberapa makanan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh seperti dilansir Livestrong.

1. Yoghurt
Probiotik, bakteri sehat yang terkandung di dalam yoghurt sangat bagus untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan. Sekitar 70 persen respon sistem kekebalan tubuh ditemukan di saluran pencernaan kita. Karena usus berada di garda terdepan ketika berhubungan dengan bakteri luar, maka penting untuk menjaga kesehatan usus.

2. Bawang Putih
Bawang putih baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Satu percobaan klinis kecil menemukan bahwa dalam sebuah penelitian terhadap 146 subjek individu yang menerima suplemen bawang putih setiap hari selama 12 minggu, dilaporkan hanya sedikit yang menderita sakit.

3. Wortel
Vitamina A pada wortel bertindak sebagai penambah kekebalan tubuh secara internal. Kekurangan vitamin A dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh sehingga meningkatkan risiko infeksi. Selain wortel, sumber vitamin A lainnya meliputi kangkung, brokoli, dan ubi jalar.

4. Teh Hitam
Teh ini mengandung asam amino kecil yang disebut L-theanine yang dapat membantu sistem kekebalan tubuh. Sebuah studi kecil dari Brigham dan Womens Hospital di Boston menemukan adanya peningkatan interferon yang membantu melawan infeksi pada subyek yang meminum lima cangkir teh hitam setiap hari.

5. Kacang Mete
Kacang mete merupakan sumber seng yang baik. Seng merupakan zat mineral esensial yang sangat penting bagi tubuh. Ketika kadar seng turun, sistem kekebalan tubuh juga turun. Tubuh Anda membutuhkan seng untuk mengembangkan dan mengaktifkan T-lypmphocytes, yang membantu sistem kekebalan tubuh merespon infeksi dan bertindak sebagai garis pertahanan pertama dalam menyerang sel yang terinfeksi.

6. Apel
Apel mengandung quercetin, senyawa yang ditemukan pada makanan nabati yang telah terbukti mengurangi tingkat penyakit pada atlet yang menjalani latihan berat.

7. Stroberi
Sama seperti jeruk, stroberi merupakan sumber vitamin C yang baik berperan penting dalam mendukung sistem kekebalan tubuh untuk membantu melawan infeksi. (sean-gelael.com/wto)

Berita Dilihat Sebanyak 98 kali
Berita Lainnya

Foto
GP2
26/08/2016
» Spa-Francorchamps
- Belgium